Badan Kepegawaian Daerah dan Sumber Daya Manusia

Budaya

127 Niniak Mamak Tingkatan Kapasitas

Senin, 29 Oktober 2018 - 15:52:08 WIB | dibaca: 184 pembaca

Luak-Tanjuang Haro. Sebanyak 127 Orang Niniak mamak se Kenagarian Tanjuang Haro Sikabu-kabu Padang Panjang hari ini senin (29/10) bertempat di Aula Bamus nagari tersebut mendapat Pemantapan Peningkatan Kapasitas Niniak Mamak, dimana Nagari merupakan bentuk pemerintahan terdepan yang didasarkan pada kearifan lokal. Peranan tigo tungku nan sajarangan, tigo tali nan sapilin menjadi jiwa dalam pelaksanaan pemerintahan nagari. Dan untuk meningkatkan peran masing-masing, maka Pemerintahan Nagari terus berupaya meningkatkan kapasitas tiga pilar tersebut. Kali ini giliran ninik mamak yang dilatih agar kapasitas mereka lebih baik.

Acara dibuka oleh Camat Luak yang diwakili oleh Yalbaku Jevino,S.STP yang juga Sekretaris Camat tampak hadir Kapolsek Luak dan Danramil 04 Luhak, Yalbaku Jevino menyampaikan peranan ninik mamak di setiap nagari agar dapat difungsikan dengan baik dan maksimal dalam rangka menghadapi tantangan serta pengaruh perkembangan era globalisasi dewasa ini, berbagai kondisi yang terjadi saat ini sungguh sangat memprihatinkan, dimana masyarakat kita seakan-akan telah mengabaikan etika adat dan budaya yang selama ini menjadi simbol kebanggaan dalam membangun nagari dan masyarakat di daerah ini.

Lebih lanjut Yalbaku Jevino mengatakan dengan adanya pelatihan ini diharapkan kedepannya ninik mamak di Kenagarian Tanjuang Haro Sikabu-kabu Padang Panjang, Kecamatan Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota akan memperkuat perannya dalam mengayomi anak kemenakan di masa sekarang dan akan datang, terkait dengan kekhawatiran selama ini anak kemenakan di Minangkabau sudah terdegrasi oleh masuk berbagai budaya asing.

Pelaksanaan pelatihan ini akan berlansung selama 2 hari dengan menghadirkan 3 orang narasumber dari LKAM Propinsi Sumatera Barat Ismet Fauzi Dt Mangkuto Basa, dari BPN Lima Puluh Kota Riyadi SH dan tokoh adat/ Akademis Sumatera Barat Musra Dahrizal Katik. (Arhye/Adm)




Statistik

Saran

Untitled Document